Arsip Berita

Cetak

Tanjung Palas siap gelar MTQ Kabupaten

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

TANJUNG SELOR-Jika tidak ada kendala mulai 22-28 Februari mendatang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Bulungan akan dimulai dengan peserta yang sudah mendaftar ke panitia MTQ Tanjung Palas ini sekitar 215 peserta, dengan jumlah cabang yang dilombakan sekitar 22 cabang diantaranya tartil, tilawah anak-anak, tilawah remaja, tilawah dewasa, qiraat mujaww,tafsir bahasa Inggris, tafsir bahasa Indonesia dan lainnya.

 

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LTPQ) I Kabupaten Bulungan H A Nabhan menyebutkan, persiapan arena pelaksanaan sudah mencapai 90 persen, hanya tinggal pembenahan penataan arena perlombaan, sedangkan dekorasi arena sudah rampung dan dalam waktu sudah bisa rampung seratus persen. Apalagi, pelaksanaan MTQ akan dibuka Minggu malam (23/2) oleh Bupati H Budiman Arifin di arena utama halaman masjid Kasimuddin Tanjung Palas.

“Tim LPTQ dan tim terkait sudah melakukan pengecekan lapangan Rabu (19/2), persiapan sudah capai 90 persen. Untuk tahun ini ada lima arena yang digunakan, agar perlombaannya tidak lama selesai minimal pukul setengah 24.00 wite, perlombaan sudah selesai, dibandingkan penyelenggaran tahun sebelumnya bisa lewat,” terang Nabhan, pada Radar Tarakan kemarin (20/2).

Lebih lanjut dikatakan, meski pembukaan baru dilaksanakan 23 Februari, namun tahapan MTQ sudah dimulai 22 Februari, dengan agenda penerima peserta, pendaftaran sekaligus verifikasi peserta. Dan diharapkan, setelah zuhur semua peserta dari 10 kecamatan yang ada di Bulungan sudah datang, agar tim verifikasi tidak bekerja sampai malam.Karena pada malam itu juga langsung diadakan technical meeting dan penyampaian hasil verifikasi yang lolos dan tidak lolos sekaligus pembagian nomor punggung.

“Kalau nomor tampil baru akan dicabut sebelum lomba di mulai di masing-masing cabang. Kalau nomor punggung ini diberlakukan secara keseluruhan dengan nomor urut satu dan seterusnya tanpa ada yang double,” jelas Nabhan, ketika ditemui di ruang kerjanya.

Pria yang juga Kepala Kantor Kemenag Bulungan ini menambahkan, pagi sebelum acara pembukaan akan digelar pawai taaruf. Dimana peserta tidak hanya dari kafilah MTQ, tetapi juga terbuka untuk pelajar, organisasi dan lainnya jika ingin ikut berpartisipasi pawai yang mengambil start dari Kantor Kelurahan Tanjung Palas Hulu dan finis di musala Al Ikhsan ini.

“Malamnya sekitar pukul 20.00 wite baru dibuka bupati. Kalau untuk pawai taaruf kami belum tahu siapa yang melepas. Kami juga berharap masyarakat bisa menghadiri acara pembukaan nanti,” harapnya.

Terlepas dari itu, Nabhan mengimbau peserta yang dibawa pada MTQ kali ini adalah peserta yang sudah di seleksi dan melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan  seperti KTP dan KK. Pasalnya, jika tidak lengkap bisa didiskualifikasi,oleh karena itu diharapkan kepada peserta bisa lebih teliti lagi.

”Supaya tidak terulang seperti tahun lalu, terpaksa menunggu persyaratannya lengkap sehingga memperlambat kinerja tim verifikasi. Untuk pendatang baru syaratnya minimal satu tahun di Bulungan, sesuai hasil mukerda LPTQ Bulungan belum lama ini,” terangnya. (radar tarakan)