Arsip Berita

Cetak

Ujian Nasional

Ditulis oleh Elia Jalung.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

KEPALA Bidang Pendidikan Menegah Dinas Pendidikan (Disdik) Bulungan Yunus Luat memastikan jumlah peserta yang akan mengikuti Ujian Nasional (UN) pada 15-20 April nanti sebanyak 1.374 siswa.

Jumlah ini terdiri dari tingkat SMA sebanyak 859 dan SMK  sebanyak 515 siswa. Sementara untuk tingkat SLTP dan sederajat akan diikuti sebanyak 1.881 siswa yang ujiannya akan dilaksanakan 22-27 April 2013.



Khusus SLTP lebih cepat jika dibandingkan dengan pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilaksanakan Mei. “Saya berharap data nominasi peserta tetap UN 2012/2013 ini tidak berubah sampai pelaksanaan UN ini selesai. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang selalu berkurang menjelang UN karena ‘kecelakaan’,” kata Yunus.

Untuk itu, Yunus sangat mengharapkan agar Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan gencar melakukan sosialisasi tentang seks. Sehingga kejadian yang dikhawatirkan tersebut tidak terjadi. “Tapi saya lihat Dinas Kesehatan sudah melakukan sosialisasi. Mudah-mudahan saja dengan cara ini kita bisa mengurangi peserta UN yang mundurkan diri sebelum mengikuti UN,” tambahnya.

Untuk diketahui, Disdik juga sudah melakukan tes daya serap (TDS) baik tingkat SLTA maupun SLTP, dan hasilnya nanti akan dianalisasi untuk ditindaklanjuti dengan harapan hasil yang diraih siswa bisa baik.

Tidak hanya itu, Disdik juga menyediakan alat tulis untuk menyelesaikan soal-soal UN yang dibagikan secara gratis yang digunakan sampai pelaksanaan UN nanti, sehingga tidak ada alasan lagi nilainya tidak bagus karena alat tulis yang digunakan tidak terbaca oleh scanner. “Untuk TDS kita hanya memberikan soal lima paket. Kalau UN sebenarnya sebanyak 20 paket. Alat tulis juga kami seragamkan baik pada TDS maupun pada UN nanti,” sebutnya.

Sementara untuk Ujian Sekolah (US) untuk tingkat SLTA dilaksanakan mulai 4 hingga 13 Maret mendatang. Sedangkan SLTP berlangsung pada 11-20 Maret. Berdasarkan hasil rapat koordinasi yang dilaksanakan di Samarinda, Selasa (26/2), batas akhir pengumpulan nilai termasuk US ke provinsi ditetapkan pada 25 Maret nanti. “Karena letak geografis kita ada sekolah yang jauh, sehingga kita minta waktu 10 hari pasca pelaksanaan US untuk merekap nilai. Belum lagi pemeriksaan hasil US, jadi saya minta waktu 10 hari pasca US. Sehingga tak ada alasan lagi ada sekolah yang mengaku tidak diurus sehingga mempengaruhi nilai siswa, sebab US juga memberikan kontribusi untuk kelulusan sebanyak 40 persen,” terang Yunus.

Sementara untuk pengumuman kelulusan tingkat SLTA ditetapkan pada 24 Mei, dan SLTP pada 1 Juni 2013. (RT/hms-adm)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes