Arsip Berita

Cetak

Wabup Ikuti Penanaman Mangrove di Tanjung Palas Utara

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
248223725_4290695091000369_5533920571732586791_n.jpgMenyambut HUT ke 9 Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) pada 25 Oktober 2021, Gubernur Kaltara, Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum melakukan penanaman mangrove di Desa Ardi Mulyo, Kecamatan Tanjung Palas Utara pada Sabtu (23/10). Kegiatan turut diikuti Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si.

 Gubernur menjelaskan, penanaman mangrove di wilayah Kaltara perlu terus digelorakan. Tujuannya menjaga kelestarian dan ekosistem alam. Seperti diketahui, fungsi hutan mangrove secara ekologis di antaranya sebagai tempat mencari makan (feeding ground), tempat memijah (spawning ground), dan tempat berkembang biak (nursery ground) berbagai jenis ikan, udang, kerang dan biota laut lainnya, serta tempat bersarang berbagai jenis satwa liar terutama burung dan reptil.

“Penanaman mangrove di wilayah Kaltara sekarang ini mencapai sekitar 181 ribu hektare dan mudah-mudahan kita bersama masyarakat dapat mencapai 200 ribu hektare,” ucap Gubernur. Dijelaskan, keberadaan hutan mangrove selain untuk kelestarian ekosistem juga dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi masyarakat khususnya yang berada di sektor kelautan dan perikanan. Gubernur berpesan agar mangrove yang sudah ditanam agar dijaga dan diawasi bersama.
“Laporkan ke Dinas Kehutanan jika ada tanaman mangrove yang mati nanti akan kita sulam lagi dengan yang baru. Karena tanpa kita jaga dan kita awasi, apa yang telah kita perbuat hari ini akan percuma hanya buang-buang tenaga dan biaya saja,” pesannya.