Arsip Berita

Cetak

Bupati : Hargai dan Jangan Lupakan Sejarah

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
245344740_4256513111085234_5052041788227509878_n.jpgBupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh pejuang dan kepada para mantan pemimpin pemerintahan yang telah memberikan kontribusi melalui pemikiran dan karya dalam membangun Kabupaten Bulungan. Bupati menyampaikan hal itu dalam upacara peringatan Hari Jadi ke 231 Tanjung Selor dan Hari Jadi ke 61 Kabupaten Bulungan tahun 2021 di halaman Kantor Bupati Bulungan pada Selasa (12/10).

 “Peringatan pada hari ini merupakan momentum bagi kita yang tetap menghargai dan tidak melupakan sejarah 231 tahun berdirinya Tanjung Selor dan 61 tahun Kabupaten Bulungan,” ucap Bupati. Dilanjutkan, saat ini kita sedang berada dalam kondisi sulit di masa pandemi Covid-19 di mana negara terus berjuang melakukan sejumlah upaya perbaikan dalam memperkuat berbagai program perlindungan sosial untuk menangani krisis setelah pandemi.

Program-program perlindungan sosial ini telah diperluas untuk melindungi masyarakat miskin terhadap guncangan ekonomi dan juga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah yang jumlahnya terus meningkat namun menjadi rentan terhadap risiko jatuh miskin di kemudian hari. Selain itu, usaha-usaha kecil juga menerima bantuan pemerintah seiring dengan upaya untuk terus bertahan di tengah penurunan perekonomian dan pembatasan kegiatan masyarakat setelah pandemi COVID-19.
“Dampak dari pandemi Covid-19 akan terus dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat khususnya masyarakat kita yang mata pencahariannya sebagai petani,” ujar Bupati. Dijelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan mengambil langkah dalam upaya meningkatkan dan memanfaatkan hasil produksi beras petani lokal sehingga akan berdampak terhadap peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang bertani.
“Saya intruksikan kepada kepala badan, dinas, bagian serta seluruh camat dan lurah di lingkungan Pemkab Bulungan agar bertanggungjawab dan mengkoordinasikan seluruh staf di kantornya masing-masing untuk membeli hasil produksi beras petani lokal minimal 10 kilogram per orang ata ASN,” pesannya. Bupati juga mengajak seluruh ASN Pemkab Bulungan untuk bangkit dan tetap semangat dalam menumbuhkan kembali budaya lokal, mengingat budaya menjadi identitas bangsa di mata dunia.
Bupati juga menginstruksikan seluruh ASN untuk menggunakan pakaian batik khas daerah Kabupaten Bulungan atau batik khas Kalimantan Utara beserta aksesorisnya seperti penutup kepala, kalung, gelang, tas dan lainnya pada setiap hari Kamis dan menggunakan batik nasional pada setiap hari Jumat sesuai dengan ketentuan kegiatan.
“Selain itu kita juga akan tumbuhkan kembali kecintaan kita terhadap olahraga ataupun perlombaan tradisional yang merupakan bagian dari budaya lokal,” ujarnya. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bulungan yang berhasil meraih BKN Award 2021 sebagai salah satu instansi pengelola kepegawaian terbaik dari penilaian indeks implementasi Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) manajemen ASN.
Tidak ketinggalan Bupati menyampaikan apresiasi kepada TNI, POLRI, Satpol PP, BPBD serta petugas kesehatan yang selama ini tetap semangat menjadi garda terdepan dalam penanganan pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bulungan.
Selain perayaan HUT Tanjung Selor dan Kabupaten Bulungan turut di rangkai juga dengan penyerahan Plakat Kepada H. Muhammad Tjacuk sebagai ucapan terima kasih dari Pemerintah Kabupaten Bulungan atas penciptaan lagu Hymne dan Mars Kabupaten Bulungan serta penyerahan hadiah pemenang lomba.
Diakhir kegiatan tersebut, diisi dengan tari Jepen dan tari Gerak Sama oleh Bupati, Wakil Bupati Bulungan beserta Forkompimda.