Arsip Berita

Cetak

Program Agrosolution Tanam Padi Sawah 100 Hektare di Bulungan

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
206205056_3935055196564362_2646802662011506887_n.jpgProgram Agrosolution dari PT Pupuk Indonesia dan PT Pupuk Kaltim masuk ke Kabupaten Bulungan ditandai dengan penanaman perdana padi sawah seluas 100 hektare di Desa Sajau Hilir,, Kecamatan Tanjung Palas Timur pada Minggu (27/6). Program yang sebelumnya juga dijalankan di berbagai daerah di Pulau Jawa, Nusa Tenggara dan Sulawesi itu disebut dapat meningkatkan produktifitas petani, dari yang sebelumnya hasil panen padi sebanyak sekitar 7 ton per hektar, menjadi lebih dari 10 ton per hektare.

 Program Agrosolution bekerjasama dengan pemerintah daerah dan stakeholders multi pihak, di Kabupaten Bulungan turut melibatkan Bank Mandiri Cabang Kaltara serta CV Karya Bumi Kaltara. Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si yang mengikuti kegiatan tanam perdana padi sawah di Sajau Hilir menjelaskan, program agrosolution berkonsep aliansi kemitraan berkelanjutan serta menggunakan pupuk non subsidi dengan tujuan meningkatkan produksi hasil pertanian. Sementara peran perbankan, bisa memberikan bantuan modal kepada para petani.

“Program ini kita mulai di Desa Sajau Hilir dan beberapa desa lainnya di Bulungan,” terangnya. Dilanjutkan, untuk Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), program Agrosolution dimulai dari Kabupaten Bulungan. Diharapkan pula dengan pengawalan yang baik, pola yang benar dan meningkatnya produktifitas pertanian, para petani bisa perlahan beralih menggunakan pupuk non subsidi.