Arsip Berita

Cetak

Masyarakat Long Sam Gelar Syukuran Panen

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
180372284_3773932379343312_2067644965672585788_n.jpgGubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs H Zainal Arifin Paliwang, SH, M.Hum, Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si beserta jajaran terkait menghadiri syukuran panen masyarakat di Desa Long Sam, Kecamatan Tanjung Palas Barat pada Sabtu (1/5). Syukuran diisi ritual adat penyambutan pimpinan daerah serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.
Kepala Desa Long Sam, Muhammad Khaeron Habibi menjelaskan, hasil panen pertanian ladang di wilayahnya hingga saat ini masih berlangsung 1 kali dalam setahun yang sekedar cukup memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. Masyarakat petani di Long Sam pun berharap dapat meningkatkan hasil pertaniannya lebih dari 1 kali dalam setahun.

 “Wilayah Long Sam sebenarnya memiliki potensi dikembangkan pertanian sawah namun terkendala lahan perkebunan perusahaan,” sebutnya. Pemerintah Desa Long Sam pun menyampaikan aspirasi masyarakat Long Sam kepada jajaran Pemerintah Provinsi Kaltara maupun Pemerintah Kabupaten Bulungan untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

“Masyarakat di sini antusias bersawah yang bisa mencapai produksi 2 sampai 3 kali dalam setahun dan telah memiliki kelompok-kelompok tani. Semoga ada solusi dari Pemprov maupun Pemkab terkait lahan pertanian ini,” urainya. Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Kaltara. Dijelaskan, syukuran panen merupakan tradisi ciri khas masyarakat di desa-desa di Bulungan, termasuk kegiatan di bidang pertanian. Hal tersebut sejalan dengan visi Mewujudkan Kabupaten Bulungan yang Berdaulat Pangan, Maju dan Sejahtera serta misi meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Bulungan dengan berbasis kearifan lokal.
Bupati mengungkapkan, potensi pengembangan pertanian di wilayah Bulungan cukup luar biasa, di mana pertanian dapat menggunakan sistem ladang, tadah hujan, pasang surut maupun irigasi.
“Ini merupakan anugerah dari Tuhan YME kepada masyarakat Kabupaten Bulungan, semoga ke depannya kegiatan-kegiatan pertanian masyarakat juga mendapat kemudahan,” ucap Bupati. Dilanjutkan, Pemkab Bulungan juga akan terus berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat petani baik ke Pemprov maupun Kementerian serta meningkatkan infrastruktur pendukungnya.