Arsip Berita

Cetak

Perkebunan Sawit Mesti Terus Perhatikan Kelestarian Lingkungan

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
168613924_3698410393562178_6167008369104588573_n.jpgBupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si membuka kegiatan Urun Rembuk Bersama yang dilaksanakan Sawit Watch bekerjasama dengan Dinas Pertanian di Hotel Luminor, Tanjung Selor pada Senin (5/4). Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut mengusung tema Menuju Perkebunan yang Lebih Maju, Berkelanjutan dan Lebih Menyejahterakan Masyarakat Bulungan.
Direktur Eksekutif Sawit Watch, Inda Patinaware menjelaskan kegiatan urun rembuk bertujuan merumuskan bersama potensi, tantangan, peluang dan apa yang bisa dilakukan para pihak yang terlibat dalam sektor perkebunan di Kabupaten Bulungan. Perkebunan juga diharapkan berkontribusi nyata terhadap kesejahteraan masyarakat serta keberlanjutan jasa ekosistem lingkungan hidup dan sosial.

 "Termasuk mensejahterakan masyarakat yang berada di sekitar perusahaan perkebunan," tandasnya. Sementara, Bupati Bulungan dalam kesempatan sama turut mendukung tata kelola perkebunan yang berorientasi pada kelestarian lingkungan serta kesejahteraan masyarakat. Bupati mengungkapkan, permasalahan tata kelola perkebunan khususya sawit di Bulungan saat ini belum menemukan penyelesaian yang baik bagi seluruh pihak. Diakui keberadaan perkebunan sawit lebih berorientasi pada kepentingan ekonomi atau segi keuntungan. Di sisi lain, masyarakat juga membutuhkan keberadaan hutan sehingga sering muncul masalah legalitas lahan garapan masyarakat yang berbenturan dengan lokasi perkebunan. Ditambah lagi dengan masalah kerusakan lingkungan dan hutan maupun kesejahteraan masyarakat di sekitar lokasi perkebunan.

"Kita perlu berpihak dengan masyarakat kecil," tegas Bupati. Dilanjutkan, melalui kegiatan urun rembuk diharapkan dapat menghasilkan suatu konsep maupun terobosan di bidang perkebunan yang dapat mengusung keadilan bagi masyarakat dan lingkungan. Bupati pun mengajak semua pihak yang terlibat untuk mewujudkan perkebunan yang baik dan menyejahterakan masyarakat.