Arsip Berita

Cetak

BLT DD Rp 600 Ribu per KK Bukan per Orang

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Hingga Jumat (22/5) tercatat sebanyak 53 desa dari 74 desa se-Kabupaten Bulungan yang sudah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap I. Termasuk di antaranya Desa Pejalin di mana warganya sebanyak 176 KK mendapatkan BLT DD Tahap I dengan pagu total sebesar Rp316,8 juta (29,9 persen) dan Desa Gunung Seriang di Kecamatan Tanjung Palas dengan 188 KK dengan pagu total Rp338,4 juta (29,9 persen).


Dijelaskan, adanya BLT DD tersebut diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 yang tidak termasuk dalam warga penerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kartu Sembako dan Kartu Prakerja di desa masing-masing.

Sasaran BLT DD tersebut adalah warga masyarakat yang kehilangan mata pencaharian dengan mempertimbangkan kemampuan finansial/keuangan warga yang bersangkutan, belum terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial serta mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun / kronis.
Pelaksanaan BLT DD Tahap I juga berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Bulungan Nomor 140/353/DPMD/IV/2020 tentang Pelaksanaan Desa Tanggap Covid-19 dan Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa Tahun 2020.

Dalam SE tersebut dijelaskan, penerima Dana Desa kurang dari Rp800 juta mengalokasikan BLT DD maksimal sebesar 25 persen. Penerima Dana Desa Rp800 juta sampai dengan Rp1,2 miliar mengalokasikan BLT DD maksimal sebesar 30 persen, dan penerima Dana Desa lebih dari Rp1,2 miliar mengalokasikan BLT DD maksimal sebesar 35 persen.

“Saya berharap adanya BLT DD ini dapat mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” ucap Bupati Bulungan, H Sudjati, SH. Dijelaskan pula, masa penyaluran BLT DD selama 3 bulan terhitung sejak penetapan Peraturan Kepala Desa (Perkedes) tentang Penetapan Keluarga Miskin Penerima Manfaat BLT Dana Desa tahun berjalan, dan besaran BLT DD per bulan sebesar Rp600 ribu per keluarga, bukan per orang/warga.