Arsip Berita

Cetak

Sosialisasi Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
86651974_2640102092726352_5289711992683102208_o.jpg  

Seiring telah selesainya dokumen RPHJP (Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit IX Kayan dan Unit XIII Keburau, Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melaksanakan sosialisasi di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan pada Selasa (18/2). Dalam kegiatan yang dibuka Bupati Bulungan, H Sudjati, SH tersebut dijelaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan akan menanam kopi dan kakao di daerah Antutan serta di Unit XIII Keburau.

Dalam sosialisasi dijelaskan, seluruh kawasan hutan di Indonesia telah dibagi dalam bentuk wilayah pengelolaan yaitu Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH). Pada Provinsi Kalimantan Utara terdapat 14 unit KPH yang dibentuk berdasarkan Peraturan Gubernur Kalimantan Utara Nomor 66 Tahun 2018, termasuk di dalamnya UPT KPH Bulungan yang mengelola 2 unit KPH yaitu Unit IX Kayan dan Unit XIII Keburau.

“Saya berharap melalui sosialisasi ini, para pemangku kepentingan dan para pihak yang berada dalam wilayah kelola KPH Unit IX dan Unit XIII, dapat secara bersama – sama mengelola hutan dengan UPT KPH Bulungan untuk kesejahteraan masyarakat di tingkat tapak dalam bentuk kegiatan kemitraan, perhutanan sosial, pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan,” pesan Bupati. Diuraikan, sebagai landasan operasional, setiap unit KPH wajib menyusun Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) untuk jangka waktu 10 (sepuluh) tahun yang memuat semua apek pengelolaan hutan dalam kurun waktu jangka panjang dan jangka pendek yang disusun berdasarkan hasil tata hutan dan rencana kehutanan dengan memperhatikan aspirasi, peran serta dan nilai budaya masyarakat serta kondisi lingkungan dalam rangka pengelolaan kawasan hutan yang lebih intensif untuk memperoleh manfaat yang optimal dan lestari.