Arsip Berita

Cetak

Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Pemkab Bulungan

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

bupatiPemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan melaksanakan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)pada Kamis (13/6), di Gedung Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan Lantai Jl Jelarai Raya, Tanjung Selor. Tahap awal pembangunan zona integritas dimulai dari Dinas Kependudukan dan Catatan sipil (Disdukcapil) serta Dinas penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bulungan.

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan, Drs Adriana menjelaskan, pada tahun 2019 ini Pemkab Bulungan melalui Bagian Organisasi mencanangkan serta membangun 2 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai pilot project atau proyek percontohan pembangunan zona integritas WBK dan WBBM yaitu pada Disdukcapil dan DPMPTSP Bulungan.

“Ke depannya, diharapkan unit-unit penyelenggaraan pemerintah khususnya pelayanan publik dapat membangun zona integritas di lingkungan instansi masing-masing,”ucapnya. Dijelaskan, Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan unsur terpenting dalam penyelenggaraan pemerintah yang bersih dan bebas dari tindakan pidana korupsi, kolusi dan nepotisme. Melalui pembangunan zona integritas, diharapkan dapat menumbuh kembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi dan budaya biro krasi dan melayani publik secara baik, serta mampu meningkatkan kepercayaan publik terhadap birokrasi di lingkungan instansi pemerintah.

“Kendala dalam perjalanan mencapai sasaran reformasi birokrasi antara lain penyalahgunaan wewenang, praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Lemahnya pengawasan pada hal tersebut berimbas pada kepuasan pelayanan masyarakat dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap birokrasi yang semakin rendah,” urainya. Sementara, Bupati Bulungan, H Sudjati, SH dalam sambutannya berharap, pencanangan harus disikapi bukan hanya sekedar seremonial, tetapi juga aksi nyata untuk bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagai bentuk kongkrit dari implementasi reformasi birokrasi.

Diterangkan, berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 60 tahun 2012, tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Lingkungan Kementerian / Lembaga dan Pemerintah Daerah, terdapat tahap-tahap pembangunan zona integritas, dimulai dari penandatanganan dokumen pakta integritas, pencanangan pembangunan zona integritas dan proses pembangunan zona integritas. Kemudian ada pula penilaian dan penetapan unit kerja berpredikat WBK danWBBM, pembinaan dan pengawasan serta evaluasi dan pelaporan.

“Saya berpesan, agar tahapan-tahapan tersebut dapat terus dilaksanakan hingga mencapai tujuan yang kita inginkan bersama,” pesan Bupati. Diingatkan, disiplin PNS atau Aparatur Sipil Negara, berupa kesanggupan PNS untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan dan atau peraturan kedinasan, perlu diterapkan secara konsisten dan kontinyu untuk mengurangi terjadinya korupsi.

Kemudian sikap, tingkah laku dan perbuatan pegawai dalam melaksanakan tugasnya, termasuk yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan di lingkungan organisasi tempatnya bekerja, perlu diatur secara jelas dengan tujuan menghindari sikap dan tingkah laku koruptif. Pencanangan WBK dan WBBM di lingkup Pemkab Bulungan ditandai dengan penandatangan bersama dokumen pakta integritas.

WhatsApp Image 2019 06 13 at 02.09.24 WhatsApp Image 2019 06 13 at 02.09.27

 

 

 

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes