Arsip Berita

Cetak

Aparatur Desa Jangan Sampai Terbawa ke Ranah Hukum

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

ranah hukumAdanya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan kesempatan besar bagi pemerintahan desa untuk mengurus tata pemerintahan disertai tanggungjawab menerapkan prinsip akuntabilitas, antara lain Laporan Realisasi Pelaksanaan APB (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Desa dan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APB Desa. Pemkab Bulungan melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bulungan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes 2.0) pada Rabu (27/2).

Bimtek diikuti aparatur pengelola keuangan desa se-Kabupaten Bulungan dan berlangsung di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan. Bimtek dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah, Drs Syafril mewakili Bupati Bulungan yang dalam sambutannya menegaskan, pengelolaan keuangan desa harus dilaksanakan secara transparan, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran.
ranah hukum1

“Diharapkan para kepala desa dan aparatur pengelola keuangan desa jangan sampai terbawa ke ranah hukum yang disebabkan terjadinya kesalahan dalam pengelolaan keuangan desa,” ucap Sekda. Diingatkan, kegiatan bertajuk Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0 bertujuan meningkatkan kapasitas kinerja pemerintahan desa dalam mengelola keuangan desa sesuai ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan Bimtek diselenggarakan dalam rangka implementasi UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Desa, Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa serta merujuk pada surat Menteri Dalam Negeri Nomor 412.2/7374/BPD tanggal 30 November 2018 perihal Aplikasi Sistem Keuangan Desa dan percepatan implementasi Aplikasi Siskeudes 2.0 bagi Pemerintah Desa.
ranah hukum2

"Jadi kepada peserta Bimtek agar mengikuti kegiatan ini dengan serius, dan jangan malu untuk bertanya kalau bisa bertanya sampai ke akar-akarnya,” pesannya.
Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes