Arsip Berita

Cetak

Semarak Pawai Budaya Birau 2018

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

semarak birau 4Sempat diwarnai gerimis, Pawai Budaya Birau 2018 berlangsung semarak pada Senin pagi (22/10) yang mengambil start di Alun-alun Kecamatan Tanjung Palas. Panitia mencatat lebih kurang 4 ribu peserta pawai terdiri pelajar dan siswa sekolah di Tanjung Palas serta perwakilan kecamatan-kecamatan se-Bulungan turut hadir antara lain dari Kecamatan Bunyu, Sekatak, Peso, Tanjung Palas Timur dan Tanjung Palas Utara.

Pawai yang dimulai sekitar pukul 8 pagi itu turut dimeriahkan Marching Band Bahana Swara Benuanta, Marching Band SMPN 2 Tanjung Selor, serta masing-masing Marching Band dari SMKN 1 Tanjung Palas dan SMAN 1 Tanjung Palas. Rute pawai mulai dari Alun-alun, melewati Kompleks Masjid Kasimuddin, Pasar dan PDAM lalu menuju panggung kehormatan di depan Rumah Raya samping Musium Kesultanan Bulungan dan kembali finish di Alun-alun.

semarak birau5

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH dan Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si hadir di panggung kehormatan bersama Lembaga Adat Bulungan dan raja, sultan, ratu, pangeran, pemangku adat, pelingsir dan masyarakat adat se-Nusantara yang dikoordinir oleh Masyarakat Adat Nusantara (Matra). Sejumlah pejabat Pemprov Kaltara dan Pemkab Bulungan juga turut menyaksikan peserta pawai yang menampilkan berbagai busana adat dari berbagai penjuru Nusantara.

semarak birau3

Usai menyaksikan Pawai Budaya 2018, Lembaga Adat Bulungan dan Matra saling memberikan gelar kehormatan, serta kegiatan penandatanganan Deklarasi Panca Bhakti Budaya Bulungan. Deklarasi bersama ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltara, Matra, Lembaga Adat Bulungan, Majelis Agung Raja Sultan Indonesia serta Bupati Bulungan.

semarak birau1

Deklarasi merupakan hasil dari Dialog Budaya yang telah diadakan bertema Ekonomi Kerakyatan Berbasis Budaya dan berisi kesepakatan membentuk Lembaga Ekonomi Adat Bulungan, membawa Pemkab Bulungan dan Pemprov Kaltara sebagai mitra investasi Kuala Lumpur International Chamber of Commerce (KLICC) dan negara lainnya, menyelenggarakan pameran ekonomi kreatif oleh peserta dalam Festival Adat Birau, menggelorakan perdagangan toko Indonesia, serta menjadikan Festival Adat Birau dalam Kalender Budaya dan Pariwisata yang terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Lembaga Adat Bulungan turut memberikan gelar bangsawan kepada YM KPH Wiroyudho yaitu Pangeran Aatreya Haidier Abinaya dan YM Gray Fita Wiroyudho yaitu Dayang Lalita Tara Sundari. Lalu kepada Ketua DPRD Bulungan, H Syarwani, S.Pd mendapat gelar Pangeran Pranata Setia yang berarti pengatur yang setia untuk kedamaian rakyat dan Sekretaris Daerah Pemkab Bulungan, Drs Syafril yaitu Pangeran Pranata Perwira yang berarti pengatur wilayah.

Sementara, Ketua Matra, KPH Wiroyudho dari Keraton Pakualaman, Yogyakarta menganugerahkan gelar kepada Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si yaitu KRT Suryowibisono.

semarak birau2

Bupati tak ketinggalan menyerahkan batik Bultiya (Bulungan, Tidung, Dayak) kepada raja, sultan, pangeran dan ratu se-Nusantara. Usai acara di panggung kehormatan, panitia dan tamu kehormatan melanjutkan kegiatan ke Alun-alun Kecamatan Tanjung Palas untuk membagikan doorprize kepada para peserta Pawai Budaya Birau 2018.

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes