Arsip Berita

Cetak

Bulungan Mesti Siapkan Lahan 5 Ribu Hektare

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

rapat 23Kabupaten Bulungan mesti menyiapkan lahan pertanian seluas 5 ribu hektare bila ingin menjalin kerjasama dengan PT BUMR (Badan Usaha Milik Rakyat) Pangan Terhubung di Sukabumi, koperasi pertanian modern yang diarahkan Presiden RI untuk menjadi contoh bagi kabupaten kota lainnya di Indonesia. Hal ini terungkap dalam Rapat Percepatan Pembangunan Pertanian di ruang kerja Bupati Bulungan pada Rabu pagi (16/5).

Bupati Bulungan, H Sudjati, SH mengungkapkan, PT BUMR Pangan Terhubung yang telah dikunjungi Wakil Bupati bersama Dinas Pertanian serta Dinas Ketahanan Pangan Bulungan bulan April lalu bersedia menjalin kerjasama dengan syarat antara lain disediakan lahan seluas 2 hektare untuk membangun gudang berisi mesin penggilingan. Nilai investasi dari kerjasama ini diperkiarakan mencapai Rp260 miliar rupiah.

"Selain itu Bulungan juga mesti menyiapkan sekitar 5 ribu hektare lahan pertanian," ungkapnya. Dilanjutkan, PT BUMR nantinya akan membayar petani yang menggarap lahan sekitar Rp7 juta per hektare dan setelah lahan berproduksi juga membeli serta memasarkan hasil pertanian.

rapat 2

"Laba hasil penjualan nantinya juga akan dibagi kepada petani sebagai anggota koperasi," ujarnya. Kepala Dinas Pertanian, Ahmad Yani memaparkan, pembagian laba nantinya terdiri 49 persen untuk petani dan 51 persen untuk koperasi. Laba dibagikan setelah dikurangi kredit seperti benih, pupuk dan obat-obatan.

"Untuk memulai kerjasama ini Bupati mesti mengadakan MoU dengan PT BUMR Pangan Terhubung, mengirimkan surat ke Presiden RI dan menyiapkan lahan pertanian 5 ribu hektare," urainya. Ketua DPRD Bulungan, H Syarwani, S.Pd dalam kesempatan sama menyampaikan dukungan untuk menjadikan Bulungan sebagai lumbung pangan.

ggggggggg

"Kita berharap bila kegiatan ini terwujud dapat menciptakan ketahanan pangan di Bulungan sekaligus menyuplai hasil-hasil pertanian Bulungan ke seluruh wilayah Kaltara," tandasnya. Kepala Bappeda dan Litbang Bulungan, M Isnaini menambahkan, rencana kerjasama dengan PT BUMR Pangan Terhubung sudah menuju visi Bulungan sebagai pusat pangan berbasis industri. Seperti diketahui, konsep korporasi petani oleh PT BUMR Pangan Terhubung di Sukabumi dilakukan secara menyeluruh mulai dari pengolahan sampai penjualannya. Termasuk pengemasan yang modern dan menarik sehingga bisa masuk langsung ke industri retail.

rapat 3333

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes