Arsip Berita

Cetak

Bulungan Raih Penghargaan Kabupaten Sehat Wistara

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Foto Kab Sehat 2017 4

Setelah tahun sebelumnya meraih penghargaan kabupaten/kota sehat tingkat Wiwerda (pembinaan), pada 2017 ini Kabupaten Bulungan berhasil meraih penghargaan tingkat Wistara (pengembangan) yang merupakan tingkatan tertinggi. Bupati Bulungan, H Sudjati, SH berharap, penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI itu dapat memotivasi seluruh warga masyarakat Bulungan untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

“Kita dari Pemkab Bulungan ke depan harus berusaha lebih keras lagi untuk mempertahankan prestasi ini. Penghargaan ini juga berkat dukungan dari seluruh stakeholder dan masyarakat Bulungan,” ucap Bupati didampingi Kadis Kesehatan Bulungan usai menerima penghargaan Swasti Saba Wistara di Jakarta pada Selasa (28/11). Pemberian penghargaan berlangsung di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri RI. Dijelaskan, penghargaan yang diraih Pemkab Bulungan merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah dalam melaksanakan program kabupaten/kota sehat serta mendorong masyarakat berperan aktif sebagai subjek maupun objek pembangunan kesehatan.

“Saya sekali lagi menyampaikan terima kasih kepada organisasi perangkat daerah terkait serta terutama masyarakat Bulungan yang terus mendukung pola hidup sehat,” ujar Bupati. Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moelek menambahkan, penghargaan kabupaten/kota sehat diberikan kepada kabupaten kota yang dinilai mampu memenuhi berbagai tatanan yang telah ditetapkan, terdiri tatanan permukiman, sarana dan prasarana sehat, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, tatanan industri dan perkantoran yang sehat, tatanan kawasan pariwisata sehat, tatanan pertambangan sehat, hutan sehat, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, ketahanan pangan dan gizi serta tatanan kehidupan sosial yang sehat.

“Ada 178 kabupaten/kota se-Indonesia yang mengirimkan dokumen kabupaten/kota sehat dan setelah diverifikasi terpilih 122 kabupaten/kota,” terangnya. Diuraikan, sebanyak 19 daerah mendapat kategori pemantapan, 42 daerah pada kategori pembinaan dan 61 daerah masuk kategori tertinggi yaitu pengembangan. Penghargaan Swasti Saba (Sehat Sejahtera) yang diberikan Kementerian Kesehatan RI merupakan bentuk penghargaan pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah yang melaksanakan program Kabupaten Kota Sehat (KKS).

“Penghargaan ini bukan merupakan tujuan utama. Saya ingin menggarisbawahi poin terpenting dari KKS yaitu koordinasi lintas sektor pemerintahan, pemangku kepentingan, dan masyarakat yang dilakukan secara berkesinambungan dalam pembangunan berwawasan kesehatan dan lingkungan,” tegas Menkes RI.(gian-hms)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes