Arsip Berita

Cetak

Bulan Eliminasi Kaki Gajah (BELKAGA) Tahun ke-2

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

DSC 0118Dinas Kesehatan Kabupaten Bulungan kembali melaksanakan pemberian obat secara massal pencegahan Filariasis penyebab penyakit Kaki Gajah kepada ASN di Lingkungan Pemkab Bulungan setelah pelaksanaan upacara bendera di halaman Kantor Bupati Bulungan. Senin 3 Oktober 2017.

 

Pemberian obat secara massal pencegahan Filariasis merupakan tahun ke-2, setelah pada bulan Oktober tahun lalu. Kegiatan minum obat ini secara simbolik dilakukan oleh Sekretaris Daerah Drs. Syafril kemudian diikuti oleh seluruh ASN peserta upacara. 

DSC 0097

Seperti yang diketahui, Kabupaten Bulungan merupakan daerah endemis filariasis berdasarkan hasil pemetaan filariasis melalui survey darah jari yang dilaksanakan Badan Litbang Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada Bulan Desember 2013 lalu di Kabupaten Bulungan, dimana diambil sampling 2 buah desa yaitu Desa Bumi Rahayu dan Teras Baru dan hasilnya menunjukkan angka Mikrofilaria Rate 1% untuk Desa Bumi Rahayu dan 3% untuk Desa Teras Baru.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Filariasis, disebutkan apabila angka Mikrofilaria Rate lebih besar atau sama dengan 1 % disalah satu atau lebih lokasi survei (desa), maka kabupaten tersebut ditetapkan sebagai Kabupaten Endemis Filariasis, yang harus melaksanakan kegiatan Pemberian Obat secara Massal Pencegahan (POMP) Filariasis setiap tahun berturut-turut minimal selama 5 tahun pada bulan Oktober.

Strategi pemberian obat massal  pencegahan filariasis ini bertujuan untuk memutuskan mata rantai penularan filariasis, dimana hasil dari meminum obat pencegahan tersebut akan meminimalkan jumlah microfilaria sekaligus mematikannya dalam tubuh seseorang yang telah terinfeksi, sehingga tidak akan menularkan lagi ke orang lain. Diharapkan seluruh penduduk Kabupaten Bulungan meminum obat filariasis ini sehingga tidak akan ada lagi ditemukan microfilaria di dalam tubuh warga. walaupun tubuh digigit nyamuk sekalipun tidak ada lagi penularan bibit penyakit kaki gajah atau filariasis melalui perantaraan nyamuk tersebut.

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes