Arsip Berita

Cetak

Bulungan Masih Endemis Penyakit Kaki Gajah

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

DSC 0298Kabupaten Bulungan tercatat sebagai wilayah endemis dan harus melakukan pemberantasan penyakit kaki gajah hingga 2020 mendatang. Bupati Bulungan, H Sudjati, SH mengajak seluruh pihak untuk menyukseskan upaya pencegahan penyakit akibat cacing filaria yang ditandai dengan pembengkakan bagian-bagian tubuh.

“Saya berpesan kepada seluruh organisasi perangkat daerah, media serta masyarakat, mari kita bersama-sama melakukan upaya pencegahan penyakit kaki gajah,” ucap Bupati dalam acara Sosialisasi dan Advokasi Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) di ruang serbaguna Kantor Bupati Bulungan, Jl Jelarai pada Selasa (29/8). Sosialisasi ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama seluruh OPD di lingkup Pemkab Bulungan untuk melakukan pencegahan penyakit kaki gajah di seluruh kecamatan di Bulungan.

“Untuk diketahui, dari total 300 sampel yang diambil dari 2 desa di Kabupaten Bulungan pada tahun 2013 lalu, sebanyak 12 diantaranya dinyatakan positif terjangkit kaki gajah. Terdiri 3 sampel dari Desa Bumi Rahayu positif (microfilaria rate/mf 1 persen) dan 9 sampel dari Teras Baru juga positif (mf 3 persen),”’ urainya. Berdasarkan hasil tersebut, sesuai PMK No.94/2014, daerah dengan mf sama dengan atau lebih dari 1 persen termasuk daerah endemis filariasis, yang harus ditindaklanjuti dengan pemberian obat pencegahan secara massal. Namun karena keterbatasan anggaran, pengobatan massal baru bisa dilakukan tahun 2016 lalu.

Selama 5 tahun berturut-turut sejak mulai digelar tahun 2016 lalu, seluruh warga yang berusia 2 - 70 tahun yang menjadi target sasaran diharuskan mengikuti Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM). Minum obat secara massal ini akan dilakukan setiap bulan Oktober setiap tahunnya.

“Jumlah penderita penyakit kaki gajah di Kabupaten Bulungan di tahun 2017 ini tercatat sebanyak 15 orang. Jumlah ini meningkat dari temuan tahun 2013 yang hanya 12 orang,” imbuhnya. Dipaparkan, sebanyak 12 orang yang terdeteksi lebih awal ini hanya dinyatakan positif menderita kaki gajah dan belum memperlihatkan gejala yang cukup mencolok, seperti pembengkakan di bagian-bagian tubuh. Sementara 3 orang lainnya yang baru saja terdeteksi baru-baru ini sudah dalam kondisi akut dan kaki sudah membengkak.

“Maka itu penting bagi kita semua untuk aktif terlibat mencegah penyakit kaki gajah,” tandasnya. Ditambahkan, kaki gajah adalah penyakit infeksi menahun yang hanya ditularkan oleh nyamuk. Bersentuhan dengan penderita tak akan menyebabkan penyakit tersebut menular.Solusi yang paling efektif untuk menghentikan penularan kaki gajah ini adalah memutus mata rantai penularan, dengan cara meminum obat. Dengan meminum obat, cacing filaria yang ada di tubuh akan mati serta induk cacing juga akan mandul.

Ditambahkan, Selain Kabupaten Bulungan, dua daerah lainnya di Provinsi Kaltara yakni Kabupaten Malinau dan Tana Tidung juga dinyatakan menjadi daerah endemik penyakit kaki gajah.(gian/hms)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes