Arsip Berita

Cetak

Kerajinan Bulungan Perlu Tingkatkan Daya Saing

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 
 
IMG 20170915 WA0061
Rapat pengurus Dewan Kerajinan Nasioanl Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulungan di ruang rapot kantor PLUT kompleks Pasar Induk Sengkawit,Tanjung Selor,Jumat (15/9).

Produk kerajinan di Kabupaten Bulungan masih perlu meningkatkan daya saing dengan cara menghasilkan motif yang lebih bagus hingga harga lebih murah dibanding daerah lain. Hal ini dibutuhkan karena produk kerajinan dari luar daerah seperti Pulau Jawa masih mendominasi pasar kerajinan nasional.

“Kita berharap tiap-tiap kecamatan di Bulungan dapat memiliki kerajinan khas yang berbeda satu sama lain sehingga dapat menjadi daya tarik pembeli,” terang Ketua Dekranasda Bulungan, Dra Hj Titien Iriani Sudjati dalam rapat pengurus Dekranasda Bulungan pada Jumat (15/9). Diterangkan, Dekranasda Bulungan ke depan berupaya menggiatkan kerajinan kain tenun di tiap kecamatan sesuai arahan Dekranas pusat. Selain itu ada pula rencana pemberdayaan Kampung Batik dengan motif khas Bulungan di daerah Selimau.

“Sebelumnya kita juga ada membina pengrajin di Kecamatan Sekatak dan Tanjung Palas Utara yang menghasilkan kerajinan dari kulit kayu berupa tikar rotan juga tas,” imbuhnya. Namun kendala dalam meningkatkan penjualan kerajinan asal Bulungan antara lain berupa motif kerajinan yang masih kurang menarik dibanding hasil kerajinan daerah lain hingga harga jual yang lebih mahal.

“Untuk tas motif suku Dayak misalnya, produk kerajinan Bulungan harus bersaing dengan produk dari Kabupaten Malinau,” sebutnya. Ketua Harian Dekranasda Bulungan, Ajer Supriono, SE menambahkan, pembinaan kepada pengrajin di Bulungan menjadi tugas pokok Dekranasda sebagai lembaga independen, nirlaba serta wadah memperjuangkan kepentingan pengrajin. Lingkup kerajinan meliputi bahan baku keramik, tanah liat, serat alam, kain, tektil hingga batu-batuan dan logam.

“Kepengurusan Dekranasda Bulungan periode 2016 – 2021 ini juga akan berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dari pengrajin di Bulungan,” tandasnya. Ditambahkan, keberadaan Dekranasda penting sebagai organisasi yang berkewajiban menggali, melestarikan serta mengembangkan budaya. Maka itu dalam kepengurusan organisasi antara lain terdiri bidang pameran, promosi dan kreatif.

“Rapat pengurus Dekranasda Bulungan ini selain silaturrahmi antar pengurus juga membahas program-program kerja ke depan,” pungkasnya.(gian/hms)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes