Arsip Berita

Cetak

Mendagri Instruksikan Kepala Daerah Semarakkan Peringatan HUT RI ke 72 Tahun 2017

Ditulis oleh yoga.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

DSC 1141Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo mengeluarkan surat edaran yang meminta kepala daerah untuk memasang baliho, spanduk dan bahan publikasi lain berukuran besar dengan tema kebangsaan menyambut HUT RI ke 72 di tahun 2017.

“Seperti contoh Indonesia Kerja Bersama, Saya Indonesia Saya Pancasila, Bagimu Negeri Jiwa Raga Kami, Indonesia Tanah Airku Tercinta Kan Ku Bela Sepanjang Masa, di tempat-tempat strategis dengan pencahayaan yang memadai sebagai bentuk sosialisasi nilai kebangsaan,” terang Mendagri dalam surat edaran Nomor 019/1/3506/SJ tertanggal 28 Juli 2017. Selanjutnya melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan HUT Proklamasi ke 72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 pada tanggal 17 Agustus 2017 dengan tata urutan upacara bendera sesuai dengan ketentuan UU Nomor 9 Tahun 2010 tentang Keprotokolan.

Sekda Kabupaten Bulungan, Drs Syafril menambahkan, untuk upacara bendera akan dilaksanakan pada Kamis (17/8) di halaman Kantor Bupati Bulungan, Jl Jelarai diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemkab Bulungan, dilanjutkan upacara bendera dan peringatan detik-detik Proklamasi di Lapangan Agathis, Tanjung Selor bersama Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Sebagai tindak lanjut edaran Mendagri, Sekda juga mengeluarkan surat nomor 061/291/Org-II/VIII/2017 tertanggal 10 Agustus 2017 perihal Upacara Bendera dan Penggunaan Pakaian KORPRI.

“Selanjutnya melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin pagi di setiap minggunya di seluruh unit kerja pemerintahan daerah sampai tingkat desa/kelurahan,” terang Sekda. Ditambahkan, sesuai edaran Mendagri, apabila terdapat tanggal 17 dalam minggu tersebut atau terdapat peringatan hari besar pada salah satu minggu dimaksud maka upacara bendera cukup dilaksanakan pada tanggal 17 atau peringatan hari besar dimaksud dengan rangkaian upacara seusai Surat Edaran Mendagri Nomor 019.1/3976/SJ tanggal 28 Juli 2017 perihal Pelaksanaan Upacara Bendera dan Penggunaan Bendera Negara.

“Upacara gabungan perangkat daerah dilaksanakan setiap hari Senin di seluruh unit kerja Pemerintahan Daerah Kabupaten Bulungan sampai tingkat desa/kelurahan, sedangkan apel pada hari Kamis biasanya di lingkungan Sekretariat Daerah ditiadakan,” tandasnya. Dilanjutkan, untuk perangkat daerah dan kecamatan serta desa/kelurahan di sekitar Tanjung Selor, upacara bendera dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Bulungan dengan petugas upacara sebagaimana terlampir. Sedangkan untuk kecamatan dan desa/kelurahan di luar Tanjung Selor, upacara bendera dapat dilaksanakan masing-masing atau bergabung dengan kecamatan dari desa/kelurahan yang bersangkutan (menyesuaikan).

“Untuk upacara bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 dan peringatan Hari Besar Nasional menggunakan pakaian KORPRI. Apabila tanggal 17 jatuh pada hari libur maka pada hari kerja setelahnya masuk dengan menggunakan PDH sesuai ketentuan yang berlaku,” imbuh Sekda. Diuraikan, untuk paduan suara pada upacara bendera diharuskan mendelegasikan 2 (dua) orang ASN untuk organisasi perangkat daerah dan khusus untuk bagian di lingkungan sekretariat daerah masing-masing bagian 1 (satu) orang, data disampaikan kepada Bagian Organisasi Sekretariat Daerah paling lambat tanggal 21 Agustus 2017. Perangkat Daerah yang bertugas dalam upacara bendera di halaman Kantor Bupati Bulungan juga diharuskan untuk melaksanakan gladi bersih di halaman Kantor Bupati Bulungan pada hari Jumat sebelum pelaksanaan upacara bendera dan berkoordinasi dengan Sub Bagian Protokol

“Khusus untuk rumah sakit/puskesmas yang diwajibkan mengikuti upacara bendera adalah ASN struktural. Ketentuan ini mulai berlaku pada Senin, 4 September 2017,” ujar Sekda. Sementara menyambut HUT RI ke 71 tahun 2017, Mendagri juga menginstruksikan seluruh kepala daerah untuk

mengibarkan bendera negara setiap hari di gedung atau kantor lembaga pemerintah daerah, gedung atau kantor DPRD, gedung atau halaman satuan pendidikan, gedung atau kantor swasta, rumah jabatan gubernur, bupati, walikota dan camat, gedung atau kantor atau rumah jabatan lain, pos perbatasan dan pulau-pulau terluar di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, Taman Makam Pahlawan Nasional sesuai dengan ketentuan UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.(gian/hms).

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes