Arsip Berita

Cetak

Bupati harap maksimalkan sektor pertanian

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 1
TerburukTerbaik 

Pembangunan bidang pertanian di Bulungan sayogianya menjadi bagian utama sejak Bupati dan Wakil Bupati Bulungan Periode 2016-2021 dilantik setahun lalu. Pasalnya visi dan misinya hingga lima tahun adalah mewujudkan Bulungan sebagai pusat pangan berbasis industry. Namun demikian, hingga saat ini alokasi anggaran untuk bidang pertanian bisa dikatakan relatif kecil.


Bupati Bulungan H Sudjati mengakui, sejauh ini pendapatan Bulungan dari sector pertanian baru sekitar 25 persen dari ribuan hektare lahan pertanian yang telah dibuka dan digarap oleh masyarakat, khususnya petani.
“Untuk itu kita upayakan dimaksimalkan melalui pembukaan lahan pertanian lagi. Bukan hanya itu, untuk menyokong pembangunan pangan kita juga akan maksimalkan keberadaan tambak yang ada di bagian pesisir sungai yang belum tergarap, sehingga bisa disinergikan,” ujar Sudjati.


Selain itu untuk meningkatkan pendapatan melalui bidang pertanian, kata bupati sejauh ini Bulungan juga dibantu oleh para penyuluh pertanian. Dengan harapan hasil pertanian meningkat juga berdampak pada pendapatan Bulungan. Terlebih menjadi bagian utama dalam mewujudkan visi dan misinya.
Bupati juga tak memungkiri alokasi anggaran untuk pembangunan pertanian itu sendiri relative kecil melalui APBD khususnya di tahun ini. “Nah, agar bisa dimaksimalkan, saya juga mendorong seluruh SKPD terkait bisa turut serta dalam pembangunan, jika secara khusus alokasi anggaran masih kecil dari masing-masing SKPD nantinya juga bisa mendorong itu. Ditambah dukungan dan peran serta TNI dalam hal ini Kodim 0903 di Bulungan,” imbuhnya.
Sebelumya, hal serupa juga dikatakan Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Bulungan, M. Isnaini. Menurutnya, ketersediaan anggaran penyokong program pertanian melalui APBD khususnya di 2017 ini tidak seluruhnya terakomodir.  


“Kalau untuk pertanian memang kecil bahkan mungkin hanya sekitar 0,4 persen dari seluruh APBD Bulungan 2017,” sebutnya.  Diketahui, APBD Bulungan 2017 ini sekitar Rp1.199.944.525.126,66 yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp697.657.374.613,69 dan belanja langsung sebesar Rp502.287.150.512,97
Jika melihat kebutuhan dilapangan untuk pertanian membutuhkan cukup banyak pembiayaan.  Mulai dari pembukaan lahan,  pemenuhan bibit pertanian begitupun untuk kebutuan alat mesin pertanian (alsintan). Meskipun untuk hal ini ditegaskan Isnaiani tidak hanya berharap disatu sumber pembiayaan,  masih banyak peluang bantuan lain yang bisa dimaksimalkan.  
“Jadi jangan diukur hanya dari APBD, terkesan memang kecil.  Tapi kan ada potensi lain untuk pembangunan pertanian, baik yang bersumber dari bantuan provinsi maupun pusat.  Nah pemerintah pusat harusnya bantuan untuk ini lebih besar, karena sebagai salah satu pendukung program nawacitanya pak Jokowi terkait kedaulatan pangan nasional, “ katanya lagi.
Selain itu sejauh ini Bulungan juga masih berupaya memaksimalkan program food estate disekitar 50 ribu hektare tersebar di lima kecamatan dan dimulai sejak 2011 lalu. Program ini juga diyakini bupati, dapat banyak mendukung keberhasilan diprogram pertanian.  Akan tetapi progres food estate sejak beberapa tahun terakhir juga belum bisa terukur pastinya. Sehingga selain anggaran, pengelolaan program juga harus sebanding.


Dalam hal ini tentu sewajarnya karena bidang pertanian salah satu pendukung utama visi dan misi pemerintah Bulungan,  mestinya alokasi anggaran juga bisa lebih besar.  Menurutnya melihat kondisi saat ini tentu segala sesuatunya harus disesuaikan.  Begitu juga adanya urusan wajib dan pilihan,  misal untuk pendidikan harus 20 persen dan kesehatan harus 10 persen dari APBD. Termasuk seharusmya pertanian meski merupakan urusan pilihan namun sekarang jadi prioritas dan itu belum tercapai.  


“Dengan keterbatasan yang ada kita tetap berupaya sehingga tujuan bersama bisa tercapai.  Untuk ini sinergi pembangunan daerah harus berjalan,  baik antara SKPD,  kita ke provinsi maupun pusat yang juga memiliki tujuan utama di bidang pangan.  Kita tidak khawatir yakin pemerintah pusat bisa memprioritaskan ini, dan singkronisasi kegiatan semua bisa reratasi“, pungkasnya. (korankaltara)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes