Arsip Berita

Cetak

Protokol Turut Jaga Citra Pemerintah

Ditulis oleh Neri N.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Foto Bimtek Humas 2017 1Gubernur Kaltara, Dr H irianto Lambrie mengungkapkan, menjalankan tugas keprotokolan berarti sekaligus menjaga citra pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan bagi masyarakat dan atau tamu negara / pemerintahan.

“Aktifitas protokoler yang diterapkan secara baik dan benar akan memberikan dan menjanjikan sebuah penghormatan yang tepat terhadap semua pihak,” ucapnya saat mengisi acara Bimtek Kehumasan se-Kaltara di Hotel Galaxy, Tarakan pada Rabu (12/4). Dipaparkan, tugas keprotokolan telah diatur berdasarkan UU No 9 Tahun 2010 pasal 1 ayat 1, yang menyebutkan keprotokolan adalah serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan/atau kedudukannya dalam negara, pemerintahan dan masyarakat.

“Fungsi keprotokolan itu dijalankan untuk menjaga martabat dan harga diri lembaga negara baik di lingkup kabupaten kota maupun provinsi, menjalankan fungsi keprotokolan berarti menjaga citra dan harga diri negara yaitu pejabat negara dan simbol-simbol negara,” urainya. Dicontohkan, tugas keprotokolan misalnya pada pengaturan cara duduk kepala daerah, wakil kepala daerah hingga sekda dalam acara resmi. Petugas protokol selain harus cekatan dalam berkoordinasi dengan pihak internal juga harus cakap dalam menjalin komunikasi dengan pihak luar, Petugas protokol juga harus mencerminkan keteraturan, efektifitas dan memiliki estetika tersendiri pada setiap kesempatan.

“Komunikasi itu sangat penting baik bagi personel humas dan protokol,” tegasnya. Ditambahkan, syarat menjadi seorang petugas protokol yaitu berwibawa, disiplin, berdedikasi dan memiliki loyalitas tinggi, memiliki etika, berkepribadian yang baik, berpenampilan rapi serta memiliki kemampuan bahasa yang baik, memahami aturan-aturan keprotokolan, memahami prinsip-prinsip manajemen, percaya diri, tanggap dan cermat terutama dalam mengambil keputusan, berwawasan luas, memiliki motivasi tinggi serta sehat jasmani dan rohani,.

“Penguasaan bahasa itu penting, dengan menguasai bahasa kita bisa menaklukkan dunia. Kalau mau ke belahan dunia mana saja, kita bisa bila menguasai bahasanya,” sahutnya. Irianto yang sebelumnya menjabat Sekprov Kaltim itu mengungkapkan, mengingat pentingnya tugas keprotokolan maka bidang protokol mendapat perhatian serius dari Pemprov Kaltim. Saat cuaca hujan misalnya, petugas protokol dijemput kendaraan roda empat ke rumah, disediakan kendaraan operasional, anggaran make up hingga jatah pakaian sipil lengkap. Honor bagi petugas protokol juga lebih besar karena bekerja siang malam tanpa mengenal waktu.

“Jangan kalau jadi petugas protokol itu datang paling belakang atau sering telat, rambut gondrong, penampilan tidak rapi dan sebagainya,” pungkasnya. (Gian-Hms)

Foto Bimtek Humas 2017 1

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Situs Web Lain

    DPRD Kab. Bulungan    th BPKAD Unit Layanan Pengadaan   

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes