Arsip Berita

Cetak

Warga Tias Minta Dimekarkan Jadi Desa

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Warga Tias Minta Dimekarkan Jadi DesaBerdasarkan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa mensyaratkan jumlah penduduk minimal 1.500 jiwa atau 300 kepala keluarga. Namun ada pengecualian bagi daerah terpencil atau terisolir sehingga kampung Tias dinilai bisa meningkat statusnya menjadi desa secara administratif.

"Aspirasi masyarakat Tias untuk menjadi desa akan ditindaklanjuti pihak desa, kecamatan hingga Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bulungan," ucap Bupati saat berdialog dengan masyarakat Tias pada Sabtu (21/4). Diterangkan, saat ini memang ada moratorium pembentukan desa dari pemerintah pusat namun ada pengecualian bagi wilayah terpencil atau terisolir. Dengan kondisi kampung Tias yang cukup terpencil dan baru bisa dijangkau dengan transportasi air maka bisa menjadi pengecualian.

"Jadi kepada kepala desa agar membentuk tim persiapan pemekaran serta membuat surat rekomendasi untuk disampaikan ke kecamatan dan BPMD," sebutnya. Ditambahkan, terkait pemekaran desa di Bulungan tahun ini BPMD fokus pada penyelesaian batas desa dan wilayah di Kecamatan Tanjung Selor seiring rencana pembentukan Kota Tanjung Selor. Namun bila dipandang mendesak, maka persiapan pembentukan Desa Tias akan diupayakan melalui APBD perubahan.

"Syarat-syarat administrasinya agar segera dilengkapi, termasuk salah satunya yang tidak kalah penting yaitu batas wilayah desa" pesan Bupati. Kepala Desa Tanjung Buka, Muhammad Yasin menambahkan, kampung Tias yang terdiri 4 RT dan 1.100 jiwa penduduk saat ini tergabung dalam wilayah Desa Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

"Transportasi air menuju kampung Tias saat ini sudah ada 10 armada speedboat," sebutnya. Terdapat pula fasilitas sekolah tingkat SD dan SMP. Selain meningkat status administrasinya menjadi desa, warga Tias juga berharap pemkab dapat membangun lapangan futsal, selain lapangan bulutangkis yang sudah ada.

"Warga Tias sangat antusias berolahraga, kalau ada lomba Agustusan biasa pemenangnya dari warga Tias," ungkapnya. Camat Tanjung Palas Tengah, Hairul, S.Sos dalam kesempatan sama menambahkan, pihak kecamatan sebenarnya pernah menerima berkas pemekaran kampung Tias menjadi desa persiapan.

"Tapi secara administrasi belum lengkap, jadi kita minta pihak desa segera melengkapi syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan," pungkasnya.(GianHMS)

 

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes