Arsip Berita

Cetak

Indonesia Punya Banyak Pahlawan Wanita Hebat

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Indonesia Punya Banyak Pahlawan Wanita HebatfGubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie menekankan pentingnya generasi sekarang lebih mengenal sosok-sosok pahlawan pejuang Bangsa Indonesia. Gubernur menyampaikan hal itu dalam peringatan Hari Kartini tahun 2018, bersama DPRD dan Forkopimda Kaltara serta Bupati Bulungan, H Sudjati, SH di Gedung Gadis II Pemprov Kaltara, Tanjung Selor pada Sabtu pagi (21/4).

"Indonesia punya banyak pahlawan wanita yang hebat, ada RA Kartini, Cut Nyak Dhien, ada Dewi Kartika, Rasuna Said, Sarifah Latifah, Tengku Fatimah, Opu Daeng Risadju, tokoh-tokoh perempuan Indonesia yang bisa menjadi teladan tidak hanya bagi kaum wanita tapi juga laki-laki," ungkap Gubernur. Diterangkan, kemajuan zaman saat ini banyak generasi muda yang lupa akan sosok dan sejarah para pahlawan pejuang Bangsa Indonesia. Tantangan yang dihadapi pun semakin banyak mulai dari pernikahan dini, bahaya narkoba, paham radikalisme hingga maraknya hoax atau berita tidak benar yang beredar di internet dan media sosial.

"Kepada OPD terkait manfaatkan momen seperti ini untuk mengajak generasi muda di Kaltara lebih menghayati makna perjuangan bangsa antara lain dengan lebih mengenal sosok pejuang dan pahlawan," tandasnya. Dicontohkan, OPD terkait bisa melaksanakan lomba membaca surat-surat RA Kartini yang terangkum dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Bisa juga dengan lomba cerdas cermat tentang sosok sosok pahlawan Indonesia.

"Atau lomba tulisan indah misalnya, karena tulisan yang bagus itu mencerminkan karakter dan watak," imbuhnya. Diuraikan, saat ini banyak orang melakukan sesuatu dengan penuh pamrih dan hilang keikhlasan. Maka penting bagi kita membaca sejarah dan belajar dari sejarah.

"Mari kita ajarkan makna sejarah kepada anak anak kita, karena hal itu tidak seberat apa yang telah dilakukan para pejuang bangsa," sebut Gubernur. Dilanjutkan, apa yang kita nikmati pada saat ini merupakan hasil perjuangan orang lain di masa lalu, termasuk kemerdekaan yang kita rasakan sekarang.

"Satu contoh Jalan Jelarai di Tanjung Selor yang dibangun di masa Bupati H Yusuf Dali sekarang jadi jalan protokol, jalan utama, padahal dulu dikritik kenapa bangun jalan di tengah hutan," ungkapnya. Gubernur juga mengapresiasi kegiatan Seminar Meningkatkan Kualitas Keluarga dan Peran Ibu untuk Menangkal Pengaruh Media Sosial terhadap Anak memperingati Hari Kartini tingkat Provinsi Kaltara.

"Namun yang lebih penting bagaimana kita mengimplementasikan apa yang kita dapat dalam seminar ini dalam kehidupan sehari-hari," tandasnya. Peringatan Hari Kartini tingkat Provinsi Kaltara diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kaltara. Selain seminar yang menghadirkan narasumber psikolog dari Surabaya, panitia juga memberikan hadiah kepada peserta yang datang paling awal, serta berpakaian batik dan kebaya paling serasi. Adapula pemotongan tumpeng oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kaltara dan Ketua TP PKK Bulungan kepada Gubernur Kaltara, Bupati Bulungan, Ketua DPRD serta Kapolda Kaltara.(GianHMS)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes