Arsip Berita

Cetak

Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIP

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

Bimtek Penilaian Mandiri Maturitas SPIPAdanya SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) bertujuan menciptakan budaya pengawasan terhadap semua kegiatan pemerintah. Bupati Bulungan, H Sudjati, SH menyampaikan hal itu saat membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Mandiri Maturitas SPIP yang menghadirkan narasumber BPKP Perwakilan Kalimantan Utara di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Bulungan pada Selasa pagi (17/4).

“Saya berharap seluruh level dalam instansi Pemkab Bulungan mulai dari staf dan utamanya pimpinan setiap OPD dapat berkomitmen mengimplementasikan SPIP,” ucap Bupati. Dijelaskan, kegiatan bimtek merupakan salah satu implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang SPIP. Tujuannya agar pemerintah daerah khususnya Pemkab Bulungan memiliki maturitas sistem pengendalian yang baik. Yaitu dengan memiliki rancangan pengendalian yang tepat dan melaksanakan rancangan itu secara efektif dalam seluruh aktifitasnya.

“Adanya SPIP dapat mendeteksi sejak dini kemungkinan terjadinya penyimpangan serta meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan negara,” tandasnya. Dilanjutkan, SPIP yang diselenggarakan secara menyeluruh pemerintah pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Maka melalui SPIP diharapkan dapat menciptakan pengawasan terhadap perencanaan hingga pencapaian dari perencanaan di seluruh lini kegiatan.

“Semoga hasil dari bimtek ini dapat membantu Pemkab Bulungan mendorong terwujudnya SPIP yang lebih baik dengan meningkatnya hasil penilaian Maturitas SPIP ke jenjang yang lebih tinggi,” tegasnya. Diuraikan pula ada 2 aspek yang dapat diukur dalam SPIP, yaitu aspek desain yang menyangkut masalah ada tidaknya dan baik tidaknya rancangan pengendalian intern suatu organisasi dalam hal ini pemerintah. Lalu aspek penerapan yang terkait erat dengan efektif tidaknya pelaksanaan rancangan pengendalian yang ada.

“Maka tujuannya sebagai organisasi yaitu mencapai kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” pungkas Bupati.(GianHMS)

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes