Arsip Berita

Cetak

Masyarakat Long Tungu Syukuran Selesai Panen

Ditulis oleh H.N.R.

Penilaian:  / 0
TerburukTerbaik 

fhMasyarakat Desa Long Tungu, Kecamatan Peso menggelar syukuran selesai panen pada Rabu (28/3). Kegiatan syukuran yang berlangsung di Balai Pertemuan Umum (BPU) desa itu turut dihadiri Asisten Administrasi Umum, Drs Kornelis Elbaar, M.Si mewakili Pemkab Bulungan.

"Saya mewakili Pemkab menyampaikan selamat kepada masyarakat yang merayakan selesai panen, semoga terus semangat bekerja, berusaha, termasuk bertani agar dapat menyambut panen berikutnya yang lebih baik," ucap Kornelis. Dijelaskan, sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting sesuai visi Kabupaten Bulungan menjadi kawasan pangan berbasis agroindustri.

Sebagaimana disampaikan pada Musrenbang tingkat kabupaten baru-baru ini juga terungkap, program pertanian salah satunya yaitu adanya pembangunan sawah seluas 1.000 hektare yang dimulai tahun ini.

kkk

"Kita dari pemerintah tentu berharap pertanian di Bulungan terus meningkat karena yang menikmati hasilnya nanti tentu masyarakat petani pula," sahutnya. Dijelaskan, kepada masyarakat juga lebih baik beralih ke sawah yang bisa panen 3 kali dalam setahun ketimbang memakai pola ladang berpindah. Memanfaatkan serta mengoptimalkan lahan yang sudah ada akan lebih menghemat lahan serta dapat menggunakan lahan lainnya untuk jenis tanaman berbeda.

Ditambahkan, Pemkab Bulungan juga tetap memperhatikan pembangunan di desa dan kecamatan, termasuk usulan Desa Long Tunggu di bidang pertanian, pendidikan, air bersih serta listrik yang merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

"Itu semua harus kita lakukan secara bertahap karena kemampuan keuangan daerah yang saat ini masih cukup terbatas," ungkapnya. Dilanjutkan, usulan-usulan masyarakat sebenarnya sudah terdata melalui hasil musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat desa, selanjutnya dibawa ke tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten dan diinput atau dimasukkan dalam aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD).

"Jadi sudah terinventarisir tapi belum bisa langsung kita penuhi semua karena harus menyesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Jadi usulan Bapak Ibu dan masyarakat itu sudah kita data dan kita penuhi setahap demi setahap," tandasnya.

Terkait kegiatan syukuran selesai panen, Kornelis mewakili Pemkab Bulungan juga menyampaikan apresiasi karena makna dari syukuran yaitu menyampaikan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat dan rahmat yang telah diberikan.

"Syukuran ini merupakan ungkapan terima kasih serta doa kepada Tuhan atas berkat serta rezeki yang telah diberikan," pungkasnya.

 

Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes