Pendidikan

Cetak

Pendidikan

Penilaian:  / 6
TerburukTerbaik 
  • Pendidikan  formal  merupakan  suatu  proses  pendidikan  yang berjenjang  dari  tingkat  terendah  Taman  Kanak-kanak  (TK)  hingga Perguruan Tinggi. Untuk menunjang keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan,  pendidikan  formal  yang  umumnya  diselenggarakan  sekolahsekolah tidak hanya yang dibawahi oleh Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) saja, tetapi ada juga yang dibawahi oleh Instansi/Departemen selain  Depdiknas,  seperti  Kementrian  Agama,  Departemen  Kesehatan, Departemen Sosial, Departemen Pertanian, dan lainnya.
  • Banyaknya  sekolah  dari  tingkat  Taman  Kanak-kanak,  Sekolah Dasar  hingga  Sekolah  Menengah  Umum  pada  tahun  2013/2014  baik negeri maupun swasta terdiri dari  TK 45  buah, SD 133  buah, SLBN 1 buah, SMP 56  buah, SMU 16  buah, dan SMK 5  buah. Jumlah ini sudah  termasuk Madrasah  Ibtidaiyah,  Madrasah  Tsanawiyah,  dan  Madrasah  Aliyah  yang berada dibawah Kementrian Agama.
  • Program  pemerintah  untuk  meningkatkan  taraf  pendidikan  bisa dilihat dari meningkatnya jumlah sekolah yang tersebar di 10  kecamatan di Kabupaten Bulungan. Untuk tingkat SD tahun  2013/2014  ada  129  buah sekolah  dasar  negeri  dan  4  buah  sekolah  dasar  swasta.  Sedangkan  pada tingkat  SMP  tahun  2013/2014  terdapat  49  buah  Sekolah  negeri  dan 7 buah Sekolah swasta.  Pada  tingkat SMU  ada  9  buah sekolah negeri  dan 4 buah sekolah swasta.  Untuk tingkat SMK terdapat 5 buah sekolah dimana sebanyak  tiga  sekolah  terdapat  di  Kecamatan  Tanjung  Selor,  satu  di Tanjung Palas dan sebuah sekolah di Kecamatan Tanjung Palas Utara.
  • Keberhasilan  penyelenggaraan  pendidikan  dapat  dilihat  dari tingkat  kelulusan  siswa  yang  melaksanakan  Ujian  Akhir  Nasional  (UAN) yang mengikuti standar kelulusan yang telah ditentukan oleh Departemen Pendidikan  Nasional.  Pada  tahun  ajaran  2013/2014  ini sebanyak 100  persen siswa yang  telah  memenuhi  standar  kelulusan. Tingkat  kelulusan  untuk  SMP  juga  100 persen.  Sedangkan tingkat kelulusan untuk SMU pada tahun ini menurun dari 100 persen menjadi 99,50 persen.
  • Perbandingan  atau  rasio  antara  guru  dan  murid  akan menggambarkan  beban  yang  harus  dihadapi  oleh  seorang  guru  dalam mengajar.  Jika  dilihat  dari  masing-masing  Tingkat/jenjang  pendidikan,  di tingkat SD setiap guru mengajar rata-rata  13  orang murid; di tingkat  SMP rata-rata 9 orang, dan tingkat SMU rata-rata 11 orang murid.
Full Reviw on best bokmaker - Ladbrokes Ladbrokes full information

Situs Web Lain

    DPRD Kab. Bulungan    th BPKAD Unit Layanan Pengadaan   

Sekretariat Daerah Kabupaten Bulungan Jl. Jelarai Raya Tanjung Selor 77212 Telp. 0552-21008 Fax : 0552-21009 http://www.bulungan.go.id

Powered by Warp Theme Framework  
Downlaod Premium Themes